• 0
  • Wa. 0813-993-993-52.

Sejarah Toko Online

Saat ini siapa sih yang tidak mengenal toko online atau E-Commerce elektronik ecommerce, sudah banyak yang menggunakan dalam hal melakukan transaksi jual beli yang dilakukan dalam platform toko online tersebut. Nah berbicara mengenai toko online sebenarnya sudah banyak platform toko online yang sudah digunakan dalam melakukan transaksi jual beli.

Istilah toko online sudah tidak asing lagi tentunya, hampir setiap hari kita selalu mendengar istilah yang populer juga disebut sebagai e-commerce, web store atau virtual store. Dari segi Bahasa, toko online berasal dari dua suku kata, toko dan online. Menurut kamus Bahasa Indonesia toko berarti sebuah tempat atau bangunan permanen untuk menjual barang-barang (pakaian, elektronik dan makanan) dan sebagainya. Sedangkan online adalah sebuah keadaan di saat orang terhubung dengan sebuah jaringan ataupun sistem yang lebih besar. Dari dua suku kata tersebut bisa kita mendapatkan kesimpulan bahwa toko online adalah tempat terjadinya aktivitas perdagangan atau jual beli barang yang terhubung kedalam suatu jaringan aktivitas itu juga bisa disebut dengan belanja online.

Namun taukah kamu sejarah dari toko online itu sendiri ?

Pada tahun 1979 seorang yang Bernama Michael Aldrich dari Redifon Computers menyambungkan televisi berwarna dengan komputer yang mampu memproses transaksi secara realtime melalui sarana kabel telepon. Di tahun berikutnya, ia menjual sistem belanja online yang di temukan ke berbagai wilayah di inggris. Pada tahun 1980, sistem belanja online mulai digunakan secara luas, tidak hanya di inggris tetapi juga di perancis. Produsen mobil ternama seperti Peugeot, Nissan dan General Motors menggunakan sistem belanja online untuk memasarkan produknya.

Dari perkembangan sejarah yang ada dari tahun ke tahun dapat kita lihat perkembangan sebuah toko online :

1960-1979

e-commerce saat ini dilakukan dengan memanfaatkan teknologi internet. Namun pada tahun 1960 an masih dilakukan dengan memanfaatkan primitif computer network yaitu melalui EDI (Elektronik Data Interchange). Jaringan EDI ini memungkinkan terjadinya pengiriman dokumen antar mesin yang ada pada perusahaan lain. Pada tahun 1969 mahasiswa Teknik elektro mendirikan compuserve technology dengan menggunakan dial-up connection.

1980-1989

Michael Aldrich pada tahun 1980, mulai memasarkan sistem belanja tersebut ke berbagai negara seperti inggris, irlandia, dan spanyol dengan market pasarnya adalah B2B. pada tahun ini , tidak semua orang memiliki komputer dan biasanya komputer hanya dimiliki oleh bisnis maupun universitas yang melakukan penelitian.

1990-1999

Di tahun ini 1991 National Science Foundation mencabut larangan penggunaan internet untuk keperluan komersial. Pada tahun 1992 charles M Stack memperkenalkan toko buku online pertama didunia yaitu Book Stack Unlimited.

Pada tahun selanjutnya 1994 Marc Andressen dan jim clark menciptakan Netscape Navigator sebagai alat penelusuran. Netscape 0.1 menampilkan protocol pengaman yaitu Secure socket layer (SSL) untuk mengamankan semua transaksi online selama tahun 1990an Netscape menjadi web browser yang paling umum digunakan.

2000 – hingga sekarang

Saat ini perkembangan toko online baru terus bermunculan baik lokal maupun internasional. Sistem pembayaran untuk transaksi e-commerce  juga semakin beragam sehingga memudahkan pembeli melakukan transaksi. Menurut hasil penelitian yang diungkap dalam situs bigcommerce, dalam 14 tahun terakhir kemajuan e-commerce naik dengan signifikan, dan diperkirakan akan terus meningkat.

Fungsi Dan Perkembangan Toko Online

Toko online atau biasa disebut dengan E-Commerce adalah sebuah website yang memiliki fungsi untuk melakukan transaksi penjualan langsung yang ada di internet. Transaksi pada toko online tersebut menggunakan form yang dibuat pada toko online tersebut.

Nah berikut fitur yang ada di dalam toko online :

  • Kategori Produk.
  • Item Kategori.
  • Fungsi Add to Cart dan check out.
  • Fungsi registrasi.
  • Fungsi Approval pembelian.
  • Fungsi Ongkir.

Dan sebenarnya masih banyak lagi fitur yang terdapat dalam toko online. Apalagi di saat seperti sekarang ini sudah banyak website toko online yang mengembangkan fitur – fitur andalan dalam memanjakan calon pembelinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: KerenDong.Com